1. Keutamaan Ilmu “Antara Orang Alim yang Tidur dan Orang Bodoh yang Shalat”

 

Pada saat Rasulullah saw berangkat ke masjidm setibanya dipintu masjid, beliau melihat setan sedang berada di masjid itu. Beliau bertanya, “Hai iblis! Apa yang kau kehendaki sehingga berada ditempat ini?”

Iblis menjawab, “Sebenarnya aku hendak masuk ke masjid ini untuk menggoda orang yang menunaikan shalat itu. Namun apa dayaku, timbul rasa takut pada diriku saat sedang melihat orang yang tengah tidur itu, yang mengakibatkan rencana ku jadi gagal.”

Rasulullah saw bertanya, “Hai iblis! Mengapa kau tidak takut pada orang yang sedang menjalankan shalat itu, padahal ia sedang bermunajat kepada Allah SWT. Namun anehnya, kau malah takut pada orang yang sedang tidur itu.”

Iblis menjawab, “Orang yang mengerjakan shalat itu adalah orang yang bodoh dan mudah untuk digoda, sedangkan orang yang tidur itu adalah orang yang alim. Jika aku menggoda dan mengganggu orang yang sedang shalat itu, aku khawatir kalau sampai membangunkan orang yang alim itu, lalu membetulkan shalatnya orang bodoh itu.”

Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Tidurnya orang yang alim itu lebih baik daripada pelaksanaan Ibadahnya orang yg bodoh.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s