Keutamaan Ilmu “Berebut Masuk Surga”

 

Pada hari kiamat empat kelompok orang akan diantar menuju gerbang pintu surga tanpa melewati proses perhitungan amal (hisab) dan siksa. Mereka adalah pertama, orang berilmu yang mengamalkan ilmunya, kedua orang yang hajinya tidak rusak amalannya (haji mabrur), ketiga, orang yang mati syahid di medan tempur, dan keempat, orang yang dermawan yang memperoleh hartanya dengan cara yang halal dan membelanjakannya di jalan Allah tanpa ada unsur riya.

Sebagian dari mereka dengan sebagian yang lain saling berlomba berebut masuk surga mendahului yang lainnya. Atas perintah Allah SWT, malaikat Jibril turun untuk menengahi mereka dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada mereka.

Pertama kali Jibril bertanya kepada orang yang mati syahid, “Apakah amal mu sewaktu hidup di dunia sehingga ingin masuk surga yang pertama kali?”

“Aku telah terbunuh di medan perang semata-mata hanya untuk mencari keridaan Allah SWT,” jawab orang yang mati syahid itu.

Malaikat Jibril bertanya lagi, “Dari mana kau memperoleh keterangan mengenai pahala orang yang mati syahid?”

“Dari para ulama,” jawab nya.

Malaikat Jibril berkata, “Jagalah kesopanan mu, jangan lah kau mendahului orang yang telah mengajarimu.”

Setelah itu, malaikat Jibril berpaling ke arah orang yang haji nya mabrur, dan bertanya seperti itu. Lalu berpaling kea rah orang yang dermawan dan mengajukan pertanyaan yang sama.

(Melihat hal itu) orang yang alim berdoa, “Ya Ilahi! Keberhasilanku memperoleh ilmy itu berkat bantuan para dermawan dan kebaikan mereka.”

Allah SWT berfirman, “Orang alim itu benar. Wahai malaikat Ridhwan! Bukalah pintu-pintu surge hingga para dermawan masuk ke surge, baru mereka-mereka itu.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s