Sering Sundul Bola Bisa Merusak Otak

Dalam sepak bola salah satu teknik menjebol gawang lawan adalah dengan menyundul bola. Bukan hanya saat menjebol, mengumpan, menghalau serta menahan bola pun bisa dilakukan dengan cara menyundul. Meski menyundul bida menjadi salah satu teknik penting dalam bermain sepak bola. Perlu diketahui bahwa ini justru membahayakan otak si pemain. Hal ini terbukti saat pemindaian otak yang dilakukan pada 32 orang pemain bola amatir. Dan hasilnya, ada pola kerusakan otak yang mirip dengan pasien gegar otak.

Jeff Astle (59) pemain bola sala inggris, yang tewas pada tahun 2009, didiagnosis menderita gangguan kognitif setelah bertahun-tahun menjadi pemain bola professional. Konon pemicu kematiannya adalah terlalu sering menyundul bola. Hal ini dibuktikan dalam pemeriksaan koroner, penyakit degenerative pada otak akibat terlalu sering menyundul bola.

Emang, teknologi bola jaman Astle masih aktif, nggak secanggih sekarang. Jaman dulu, bola lebih berat disbanding sekarang. Meski teknologi bola udah canggih, bola untuk sepakbola masih cenderung berat. Sundulan bola yang terlalu kuat masih mungkin bikin cedera otak.

Dampak yang diperlihatkan pada cedera otak pun bukan Cuma sesaat. Terlalu sering menyundul bola, dampak nya juga komulatif. Sel-sel otak mengalami degenerasi. Misalkan 1000 kali menyundul bola dalam setahun bakal menimbulkan cedera traumatic pada otak yang lebih parah. Ada beberapa area otak yang harus diwaspadai. Khususnya bagian otak depan dan belakangan tengkorak kepala. Area ini merupakan bagian yang memproses perhatian, ingatan, fungsi eksekutif dan fungsi penglihatan. Belum lagi gangguan lainnya. Seperti kemampuan kognitif (memori verbal dan kecepatan bereaksi), yang berpengaruh membuat pikiran jadi eror. So, intinya main sepakbola lah yang benar, sehingga nggak rentan cedera. Safety play guys !

(sumber : majalan Gaul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s